Langsung ke konten utama

GOUT

Salah satu masalah kesehatan pada unggas yang sering kali dikhawatirkan muncul adalah gout, akibat terbentuknya asam urat. Asam urat adalah hasil metabolisme nitrogen di hati dan dikeluarkan melalui ginjal. Asam urat itu sendiri tidak beracun atau berbahaya tetapi membentuk kristal yang dapat merusak jaringan tubuh. Terbentuknya kristal asam urat adalah hasil dari ketidakmampuan ginjal untuk menghilangkan produk-produk limbah hasil metabolisme nitrogen tersebut dari darah. Asam urat yang tidak dihilangkan dari aliran darah, akan mulai mengkristal dan mengumpul di berbagai tempat di tubuh unggas. Gout dapat mempengaruhi unggas dalam dua cara yang berbeda, pembengkakan internal dan inflamasi pada kaki dan sayap Akumulasi pada sendi dan jaringan sekitarnya, biasanya di kaki dan sayap, adalah artikular gout. Hal ini dianggap sebagai bentuk gout kronis dan muncul sebagai pembengkakan pada sendi dan dapat menyebabkan ketidakmampuan untuk mengatur keseimbangan.

Apa saja jenis gout dan apa yang terjadi?




1. Visceral gout: Sebuah kondisi di mana asam urat putih atau deposit kristal urat dilihat pada soft tissues di berbagai organ tubuh.

2. Artikularis gout: Kondisi di mana deposit kristal urat yang terlihat pada sendi.

Visceral gout:

Banyak nama telah digunakan untuk menggambarkan viseral gout seperti acute toxic nephritis, renal gout, batu ginjal, nutritional gout, nefrosis dan nefropati anak ayam yang biasanya ditandai dengan kapur putih yang melapisi berbagai permukaan organ perut serta jantung. Pada ginjal terjadi pembengkakan dan berisi urat. Asam urat darah naik hingga 44 mg dari normal 5,7 mg / 100 ml. Demikian pula kristal urat terlihat dalam tubulus dengan pengumpulan pada ureter, cabang ureter dan saluran pengumpul mengakibatkan kerusakan tubulus primer atau tekanan balik disertai obstruksi ureter dan cabang-cabangnya. Ginjal merupakan organ yang sangat vital. Ketika fungsi ginjal berhenti, asam urat yang biasanya diekskresikan oleh ginjal dalam urin, akan terdeposit di berbagai tempat mengikuti peredaran darah. Seekor unggas tanpa fungsi ginjal mungkin akan mati dalam waktu 36 jam.

Secara tepat, penyebab viseral gout tidak jelas tetapi tampaknya ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan predisposisi. Hal ini sering dikaitkan dengan diet tinggi protein dan kalsium, Vitamin D3 hypervitaminosis, tingkat kekurangan Vitamin A dan bahkan kurangnya pasokan air yang cukup. Faktor-faktor lain seperti racun, virus, bakteri, infeksi lain atau gangguan metabolisme dan stres dapat mengganggu fungsi ginjal dan endapan masalah. Tingkat protein yang tinggi biasanya dikaitkan dengan visceral gout, tetapi tidak ada bukti bahwa ginjal sehat akan dirugikan oleh protein yang berlebihan. Namun, unggas-unggas peliharaan sering dihadapkan pada berbagai racun (seperti pengawet / bahan kimia dalam pakan atau air minum unggas komersial dan racun di lingkungan) serta patogen yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal hewan peliharaan. Pada saat itu tingkat protein dapat menjadi potensi bahaya.

Penyebab visceral gout sebagian besar adalah infeksius, gizi atau racun. Kerusakan ginjal dapat timbul dari infeksi Bronchitis strain tertentu, Avian Nephritis virus, paparan terhadap beberapa mycotoxin atau asupan air yang tidak cukup. Baby Chick nefropati dapat disebabkan kesesuaian dalam kondisi penyimpanan telur, kehilangan air yang berlebihan selama penyimpanan, inkubasi, chick holding atau chick transport. Bahkan kelembaban rendah selama 3 hari kehidupan pertama anak ayam atau asupan air yang tidak memadai selama beberapa hari kehidupan pertama dapat mendukung kondisi gout bersama dengan faktor lainnya.

Post Mortem lesio: pucat-putih asam urat dan deposito kristal urat

Pakan tinggi kalsium dengan kandungan fosfor rendah menghasilkan presipitasi kristal sodiumurate kalsium. Selain penggunaan Natrium bikarbonat atau Natrium yang berlebihan, vitamin A rendah, protein tinggi (30%) dan kekurangan air akan mengarah pada konsentrasi asam urat dan mineral lainnya di dalam darah dan kemudian dalam ginjal. Kandungan logam berat dalam air menjadi beban tambahan pada ginjal.

Mycotoxins, ocharatoxins dan oosporin, antibiotik yang diekskresikan melalui ginjal seperti sulpha drugs, Gentamycin dan Nitrofurans menyebabkan kerusakan ginjal. Efek residual toksik dalam beberapa desinfektan seperti Fenil, derivat kresol juga dilaporkan.

Visceral gout paling sering dilihat selama nekropsi dan sulit untuk mendiagnosis dalam spesimen hidup. Tanda-tanda yang paling sering terlihat pada penyakit ini adalah kematian mendadak. Gejala, jika ada, tidak jelas dan non-spesifik dan dapat termasuk depresi, kelesuan anoreksia, kerontokan bulu atau perubahan perilaku lainnya. Pemeriksaan gejala definitif dilakukan dengan pemantauan kadar asam urat secara rutin. Jika kadarnya menjadi tinggi, prosedur endoskopik dapat dilakukan untuk mendiagnosis gout.

Jika didiagnosis pada spesimen hidup akan sulit, kalau bukan mustahil, perawatan dan prognosis juga buruk. Visceral gout tidak dapat "disembuhkan" tetapi langkah-langkah tertentu dapat dilakukan untuk mencegah terbentuknya asam urat lebih lanjut. Perawatan lain dapat termasuk diet berat pada sayur-sayuran, buah-buahan, Vitamin A dan rendah protein. Ada beberapa obat seperti Allupurinol, yang dapat menurunkan kadar asam urat dan telah digunakan pada unggas dengan hasil bervariasi. Ada juga beberapa perawatan homeopathic yang mungkin terbukti bermanfaat dalam mengelola gangguan ini.

Tingkat protein yang tinggi telah dikaitkan dengan viseral gout tidak ada bukti bahwa ginjal sehat dalam unggas akan terkena dampak buruk akibat protein yang berlebih. Namun, unggas-unggas peliharaan sering dihadapkan pada berbagai racun (seperti pengawet / bahan kimia dalam makanan atau air minum unggas komersial dan racun di lingkungan) serta patogen yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal hewan peliharaan. Pada saat itu tingkat protein dapat menjadi potensi bahaya.

Visceral gout telah muncul dalam berbagai jenis unggas. Hal ini umum ditemukan pada peternakan ayam petelur dan sulit mendiagnosis pada ayam di dalam kandang. Sering kali ayam-ayam yang terkena tidak menunjukkan gejala dan terlihat normal sampai mereka dekat dengan kematian. Penelitian menunjukkan bahwa infeksi seperti bronkitis virus, faktor nutrisi seperti tingginya kalsium dalam makanan, dan adanya racun, dapat menjadi penyebab viseral gout pada ternak unggas tersebut.

Tidak seperti penyakit unggas lainnya, viseral gout tidak hanya ditemukan pada unggas domestik. Penelitian yang dilakukan oleh Peregrine Fund menunjukkan bahwa viseral gout sering ditemukan selama nekropsi burung-burung Asia yang telah mati. Gout tidak mungkin hasil dari dehidrasi karena air minum tersedia sepanjang tahun secara konsisten. Berbagai patogen yang dikaitkan dengan viseral gout tidak spesifik ditemukan di dalam kultur jaringan. Demikian pula, makanan atau mangsa yang berpotensi mengekspos ke sejumlah elemen berbahaya, tidak ditemukan dalam histopatologi.

Meskipun visceral gout sulit untuk dideteksi dan pengobatan sulit sekali dilakukan, pemantauan kadar asam urat dapat menjadi metode yang berguna untuk mendeteksi dan mengelola unggas terhadap gangguan ini. Cek up rutin, ketersediaan air tawar bersih dan diet seimbang yang baik adalah faktor-faktor yang dapat membantu menjaga unggas bebas dari penyakit ini.

Articular gout:

Kondisi ini jarang terlihat dan biasanya kronis. Ginjal umumnya normal dan mungkin menjadi abnormal dengan deposito urat putih jika unggas mengalami dehidrasi. Penyebab utama adalah genetik, diet protein tinggi dll

Tanda:
1. Depresi
2. Rendah asupan pakan dan pertumbuhan
3. Dehidrasi
4. Bulu rontok
5. Kelembaban
6. Pemeriksaan post mortem menunjukkan lesio tidak teratur dan pembesaran ginjal dipenuhi deposisi kristal urat putih dan seluruh organ lain seperti jantung, di bawah kulit dll

Perbedaan antara Visceral Gout dan Articular Gout di Unggas


Visceral gout


Articular gout

Onset:


Biasanya merupakan kondisi akut tetapi dapat kronis


Biasanya merupakan penyakit kronis

Frekuensi:


Sangat umum


Jarang atau sporadis

Umur:


1 hari keatas


4-5 bulan ke atas

Ayam yang belum dewasa rentan secara genetis dapat dirangsang oleh tingginya tingkat protein dalam pakan.

Kelamin:


Jantan dan betina


Jantan

GROSS LESIONS GROSS lesi

Ginjal


Ginjal hampir selalu terlibat dan terlihat sangat abnormal dengan endapan putih


Ginjal terlihat normal

Ginjal mungkin menjadi abnormal dengan deposito urat putih jika unggas mengalami dehidrasi

Soft Tissues


Organ-organ visceral seperti hati, miokardium, limpa atau serosal permukaan seperti pleura, perikardium, kantung udara, mesenterium, dll umumnya terlibat


Soft tissues selain synovium jarang terlibat

Comb, wattles, dan trachea juga bisa terlibat

Sendi


Soft tissues di sekitar sendi mungkin terlibat atau tidak terlibat Permukaan otot, kantong sinovial tendon dan sendi terlibat dalam kasus yang parah


Soft tissues di sekitar sendi selalu terlibat, terutama kaki

Sendi lain dari kaki, sayap, tulang belakang, dan paruh juga sering terlibat

Microscopic lesions


Umumnya tidak ada reaksi inflamasi pada permukaan synovium atau permukaan visceral

Ginjal memiliki reaksi inflamasi sekitar tophus


Granulomatosa meradang di synovium dan jaringan lain

Pathogenesis


Umumnya disebabkan oleh kegagalan ekskresi urat (gagal ginjal)


Mungkin disebabkan oleh cacat metabolik dalam sekresi urat oleh tubulus ginjal

Causes Penyebab


1. Dehidrasi

2. Nephrotoxicity: kalsium, mycotoxins, (ochratoxins, oosporein, aflatoxins, dll), beberapa antibiotik, logam berat (timbal), ethylene glycol, ethoxyquin dll
3. Agen infeksius: nephrotropic IBV dan nefritis avian virus (ayam), polyomavirus PMV-1 (merpati), Salmonella sp., Yersinia sp., Chlamydia psittaci, Eimeria truncata, microsporidia, cryptosporidia, Aspergilus sp., dll
4. Kekurangan vitamin A

5. Urolithiasis
6. Neoplasia (limfoma, tumor ginjal primer)
7. Immune mediated glomerulonephritis
8. Anomali


a. Genetika
b. Protein tinggi dalam pakan

Ref: Shivaprasad, HL An overview of anatomy, physiology and pathology of urinary system in birds, AAV Proceedings, pp. 201-205, 1998

Perawatan tradisional :

· Ketersediaan pasokan air bersih yang cukup

· Aloe Detox (misalnya: " Lily of the Desert Aloe Detoxifying Formula ") telah menunjukkan beberapa manfaat bagi penderita asam urat - salah satu cara untuk mendapatkan unggas-unggas untuk minum itu adalah dengan menetes di pakan lunak favorit mereka. Penambahan ke dalam air minum tidak efektif karena mereka mungkin tidak menyukai rasanya.

Gel segar dari daun lidah buaya (Aloe Vera) lebih menguntungkan daripada gel Aloe Vera yang dibeli secara komersial. daun lidah buaya dipotong kecil-kecil dan diberikan sebagai campuran pakan pada unggas setiap hari. Tanaman ini mudah tumbuh di sebagian besar wilayah. Namun harus tumbuh secara organis - tanpa menggunakan pupuk kimia, pestisida atau herbisida.

CATATAN: Meskipun lidah buaya sangat membantu bagi banyak unggas, beberapa unggas langka mungkin memiliki reaksi terhadap lidah buaya. Cara pengetesan dilakukan dengan menyemprotkan lidah buaya padajari kemudian disentuhkan pada kaki unggas. Biarkan selama 24 jam dan lihat apakah suatu reaksi terjadi

· Obat Allopathic seperti Allupurinol dapat menurunkan kadar asam urat dan telah digunakan pada unggas dengan hasil bervariasi.

· Dukungan Nutrisi:

o Ketersediaan pakan yang kaya akan sayuran organik, sayuran, buah-buahan dan Vitamin A dan rendah protein.
o Jelatang Teh (Nettle Tea) meningkatkan ekskresi asam urat dari tubuh dan banyak digunakan untuk mengobati penderita encok sendi. Jelatang akan bekerja baik sebagai teh atau tingtur. Teh bagus untuk kasus-kasus ringan, tetapi biasanya tingtur direkomendasikan dalam kasus gout yang lebih parah.
o Devil's Claw adalah anti inflamasi alami yang juga mengurangi nyeri. Ini juga memfasilitasi eliminasi asam urat dari tubuh.
o Bromelain dan Quercetin paling efektif bila digunakan bersama-sama. Quercetin merupakan anti peradangan dan dapat mengurangi produksi asam urat. Ini terdapat secara alami dalam apel, jeruk, semangka, elderberry dan sayuran berdaun hijau, serta teh hitam, teh hijau dan elderberry jus. Bromelain adalah anti-inflamasi lain yang ditemukan dalam nanas.

· Salad Herbal memiliki beberapa bahan herbalyang membantu dalam proses pemulihan sebagai antivirus, antibakteri, anti jamur serta racun dan organ-sifat mendukung, dan itu biasanya mudah diterima oleh unggas.

Pencegahan, Kontrol, dan Treatment

1. Pada tingkat penetasan mencoba untuk meminimalisasi dehidrasi pada semua tahap termasuk chick holding and transport dll. Cobalah untuk memulai kehidupan anak ayam selama sehari dalam cuaca dingin ketika suhu sudah ideal.

2. Pastikan bahwa anak-anak ayam bebas dan cukup mendapatkan akses terhadap air minum. Menjaga suhu air pada suhu kamar. Menyesuaikan ketinggian tempat minum. Menjaga temperatur pada tingkat paling rendah selama kedatangan anak ayam dan setidaknya 10 hari pertama. Cobalah untuk mempertahankan kelembaban 60% plus atau 70% pada 3 hari pertama kehidupan anak ayam. Biarkan anak ayam untuk minum air selama 1 atau 2 jam dan kemudian hanya menawarkan pakan pre-starter.

3. Pastikan tingkat kadar kalsium dan fosfor dalam pakan. Gunakan pengikat toksin dan tonik hati untuk menjaga tingkat minimum racun fungi dalam pakan. Hindari pemberian tingkat protein dalam pakan melebihi yang disarankan.

4. Gunakan Natrium bikarbonat dalam pakan selama suhu tinggipada tingkat yang dianjurkan.

5. Review program vaksin infeksius Bronchitis di Breeder dan peternakan ayam pedaging. Vaksin semprot pada tingkat penetasan akan efektif dalam kondisi lapangan. Penggunaan antivirus bermanfaat sampai batas tertentu.

6. Gunakan amonium-sulfat 5 gram / kg atau Amonium klorida 10 gram / Kg pada pakan. Wet dropping mungkin merupakan efek samping dari penggunaan Amonium klorida tetapi tidak benar dengan Amonium sulfat. Penggunaan Kalium Klorida 0,5 gram sampai 1 gram per liter air juga dapat digunakan. Pemberian Methionine dalam pakan juga bermanfaat sampai batas tertentu. Penggunaan preparat obat diuretik seperti Lasix, Zyloric juga dapat digunakan. Air kelapa juga merupakan diuretik baik.

7. Ketika tanda gout telah terlihat, kurangi beban pada ginjal dengan mengurangi asupan protein sehari-hari baik dengan mengurangi jumlah pakan atau menggunakan jagung digiling diperkaya dengan vitamin dan garam pada tingkat yang benar selama 24 sampai 48 jam bersama dengan penggunaan Amonium Amonium sulfat atau klorida atau Kalium klorida pada tingkat yang benar.
Penggunaan obat-obatan seperti Homeopathic Barbaris valgaris 200 x ini juga bermanfaat selama infeksi.

Komentar

Blog27999 mengatakan…
Strange "water hack" burns 2lbs overnight

At least 160k women and men are using a easy and SECRET "liquid hack" to lose 1-2lbs each night as they sleep.

It's easy and it works with everybody.

Here's how to do it yourself:

1) Go get a glass and fill it half glass

2) Then follow this strange hack

and you'll become 1-2lbs thinner in the morning!
Unknown mengatakan…
Did you know there is a 12 word phrase you can communicate to your crush... that will induce intense feelings of love and impulsive attractiveness to you buried inside his chest?

Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, idolize and care for you with his entire heart...

===> 12 Words Will Trigger A Man's Desire Response

This instinct is so hardwired into a man's brain that it will drive him to try better than before to do his best at looking after your relationship.

As a matter of fact, triggering this powerful instinct is so mandatory to having the best possible relationship with your man that the instance you send your man one of these "Secret Signals"...

...You'll immediately notice him open his mind and heart for you in a way he's never experienced before and he will identify you as the only woman in the galaxy who has ever truly interested him.

Postingan populer dari blog ini

Pericarditis Traumatica pada Sapi

Distensi vena jugularis dan udema regio dada Pericarditis merupakan peradangan pericardium disertai dengan akumulasi produk radang berupa serosa atau fibrinosa. Pericarditis pada sapi umumnya diakibatkan oleh adanya benda asing pada retikulum kemudian menembus dinding retikulum, diafragma dan kantong pericardium. Gejala utama pericarditis adalah tachycardia, suara jantung meredup dan tidak sinkron, distensi vena jugularis dan submandibularis, udema pada dada dan ventral abdomen. Tes glutaraldehyde merupakan alat diagnosis penting karena menunjukkan positif pada >90% sapi penderita pericarditis. Temuan tes laboratorium yaitu leukocytosis dan hyperfibrinogenaemia (menunjukkan peradangan), peningkatan aktivitas enzim hati (kongesti pada hati). 

HERNIA ABDOMINALIS PADA KUCING

Gambar 1. Hernia abdominalis kucing dan luka post-operasi.   Tujuan studi ini adalah memaparkan kasus bedah pada hewan kecil. Seekor kucing domestik dengan anamnesa terdapat luka dan penonjolan pada abdomen ventral mesogastrikus, dengan bobot badan 2,5 kg, suhu tubuh 38,8ÂșC, frekuensi nafas 32x/menit, frekuensi nadi 96x/menit. Hasil pemeriksaan klinis menunjukkan bahwa penonjolan abdomen bagian ventral mesogastrikus terdapat cincin hernia. Pemeriksaan lanjutan berupa pemeriksaan hematologi, dan berdasarkan pemeriksaan klinis serta pemeriksaan hematologi kucing ini didiagnosa menderita hernia abdominalis dengan prognosa fausta. Terapi yang diberikan untuk kasus ini adalah teknik bedah dengan laparotomi medianus, dan setelah dilakukan penyayatan di abdomen, diperoleh cincin hernia berukuran kurang lebih 1,5 cm. Penutupan cincin hernia dengan teknik operasi laparotomi merupakan cara yang tepat untuk menangani kasus ini karena dapat dimungkinkan cincin hernia semakin membesar. Kata

TEKNIK DAN PRINSIP RADIOGRAFI THORAK PADA HEWAN KECIL

Pendahuluan Sejak ditemukan pada tahun 1895,  sinar X telah diaplikasikan untuk kepentingan gambaran hewan kecil. Peralatan sinar X yang digunakan untuk pemeriksaan hewan kecil perlu tingkatan resolusi yang lebih tinggi. Radiografi thorak merupakan peralatan penting dalam pemeriksaan penyakit thorak maupun sistemik. Radiografi umumnya mudah, namun teknik yang teliti sangat diperlukan untuk menjamin perolehan kualitas film yang tinggi dan menghindari kesalahan diagnosa. Daerah thorak merupakan bagian yang sangat sulit untuk diinterpretasikan. Indikasi Indikasi radiografi thorak yaitu pemeriksaan penyakit intratorak dan pemeriksaan dan screening penyakit sistemik. Radiografi thorak digunakan untuk mengidentifikasi keberadaan penyakit, lokasi penyakit, tipe lesio dan tingkat lesio, memberikan rincian diagnosa dan diferensiasinya dan mendokumentasikan perkembangan lesio.