Langsung ke konten utama

Understanding stress in sheep

Understanding stress in sheep – Pemahaman stres pada domba

Meminimalisasi stres merupakan suatu komponen yang perlu dilakukan untuk memenuhi manajemen peternakan domba. Hewan dapat menjadi stres karena melakukan penyesuaian terhadap keadaan abnormal atau ekstrem, fisiologi atau tingkah laku ini untuk mengatasi aspek buruk lingkungan atau manajemen. Secara fisiologi, domba merespon stres dengan menaikkan detak jntung dan jika stres cukup parah akan menaikkan level cortisol, yang berpengaruh terhadap kenaikan kebutuhan pakan dan mereduksi kekebalan. Stres mungkin dapat memberi efek buruk terhadap kesehatan. Beberapa tindakan manajemen dan kesehatan hewan di peternakan domba mungkin dapat menyebabkan kegelisahan dan stres singkat. Apabila stres ini berlanjut, perlu menjadi perhatian bagi peternak, dan jika parah mungkin dapat meningkatkan biaya produksi.


Domba dapat dengan mudah mendapat siksaan fisik karena relatif jinak dan tidak melawan. Peternak sebaiknya meng-handle ternaknya dengan hati-hati, tidak kasar dan menyediakan fasilitas handling atau perpindahan ternak yang memadai.

Indikator stres meliputi:
·        suara terengah-engah atau peningkatan pernapasan
·        mudah terkena penyakit
·        status reproduksi buruk
·        tingginya kematian anak domba
·        kegelisahan, ketakutan atau kelainan tingkah laku
·        gigi suka menggigit-gigit
·        tingkat pertumbuhan buruk
·        kualitas bulu buruk

Perlakuan terhadap domba meliputi kontrol kesehatan, perkandangan, transportasi, pemberian pakan, pemberian air minum, reproduksi, pencukuran bulu atau praktik manajemen lain tidak akan menimbulkan stres berat jika dilakukan dengan baik dan benar serta memperhatikan aspek kesjahteraan hewan (kangkabol@gmail.com).

Komentar

Blog27999 mengatakan…
Did you hear there's a 12 word sentence you can tell your crush... that will trigger intense emotions of love and impulsive attractiveness to you buried within his heart?

Because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's instinct to love, look after and care for you with all his heart...

12 Words Who Fuel A Man's Love Impulse

This instinct is so hardwired into a man's genetics that it will drive him to work harder than before to to be the best lover he can be.

Matter of fact, fueling this all-powerful instinct is so binding to achieving the best possible relationship with your man that as soon as you send your man a "Secret Signal"...

...You will immediately notice him open his heart and soul for you in such a way he never expressed before and he'll see you as the only woman in the world who has ever truly fascinated him.

Postingan populer dari blog ini

Pericarditis Traumatica pada Sapi

Distensi vena jugularis dan udema regio dada Pericarditis merupakan peradangan pericardium disertai dengan akumulasi produk radang berupa serosa atau fibrinosa. Pericarditis pada sapi umumnya diakibatkan oleh adanya benda asing pada retikulum kemudian menembus dinding retikulum, diafragma dan kantong pericardium. Gejala utama pericarditis adalah tachycardia, suara jantung meredup dan tidak sinkron, distensi vena jugularis dan submandibularis, udema pada dada dan ventral abdomen. Tes glutaraldehyde merupakan alat diagnosis penting karena menunjukkan positif pada >90% sapi penderita pericarditis. Temuan tes laboratorium yaitu leukocytosis dan hyperfibrinogenaemia (menunjukkan peradangan), peningkatan aktivitas enzim hati (kongesti pada hati). 

HERNIA ABDOMINALIS PADA KUCING

Gambar 1. Hernia abdominalis kucing dan luka post-operasi.   Tujuan studi ini adalah memaparkan kasus bedah pada hewan kecil. Seekor kucing domestik dengan anamnesa terdapat luka dan penonjolan pada abdomen ventral mesogastrikus, dengan bobot badan 2,5 kg, suhu tubuh 38,8ÂșC, frekuensi nafas 32x/menit, frekuensi nadi 96x/menit. Hasil pemeriksaan klinis menunjukkan bahwa penonjolan abdomen bagian ventral mesogastrikus terdapat cincin hernia. Pemeriksaan lanjutan berupa pemeriksaan hematologi, dan berdasarkan pemeriksaan klinis serta pemeriksaan hematologi kucing ini didiagnosa menderita hernia abdominalis dengan prognosa fausta. Terapi yang diberikan untuk kasus ini adalah teknik bedah dengan laparotomi medianus, dan setelah dilakukan penyayatan di abdomen, diperoleh cincin hernia berukuran kurang lebih 1,5 cm. Penutupan cincin hernia dengan teknik operasi laparotomi merupakan cara yang tepat untuk menangani kasus ini karena dapat dimungkinkan cincin hernia semakin membesar. Kata

TEKNIK DAN PRINSIP RADIOGRAFI THORAK PADA HEWAN KECIL

Pendahuluan Sejak ditemukan pada tahun 1895,  sinar X telah diaplikasikan untuk kepentingan gambaran hewan kecil. Peralatan sinar X yang digunakan untuk pemeriksaan hewan kecil perlu tingkatan resolusi yang lebih tinggi. Radiografi thorak merupakan peralatan penting dalam pemeriksaan penyakit thorak maupun sistemik. Radiografi umumnya mudah, namun teknik yang teliti sangat diperlukan untuk menjamin perolehan kualitas film yang tinggi dan menghindari kesalahan diagnosa. Daerah thorak merupakan bagian yang sangat sulit untuk diinterpretasikan. Indikasi Indikasi radiografi thorak yaitu pemeriksaan penyakit intratorak dan pemeriksaan dan screening penyakit sistemik. Radiografi thorak digunakan untuk mengidentifikasi keberadaan penyakit, lokasi penyakit, tipe lesio dan tingkat lesio, memberikan rincian diagnosa dan diferensiasinya dan mendokumentasikan perkembangan lesio.