Langsung ke konten utama

Siklus estrus kuda

Kuda siap dinaiki dengan vulva berkedip dan berlendir
Kuda pada umumnya memiliki siklus estrus normal 21-22 hari. Pada dasarnya aktifitas reproduksi kuda dipengaruhi oleh photoperiod, yang berarti kuda hanya berahi pada musim panas yang emiliki intensitas cahaya matahari cukup tinggi. Beruntung di Indonesia yang beriklim tropis, mendapat cahaya matahari sepanjang tahun. Hal ini berarti, kuda di Indonesia dapat bersiklus estrus sepanjang tahun tanpa manipulasi ataupun perlakuaan tertentu.

Fase siklus estrus kuda terdiri dari dua fase, yaitu fase birahi/estrus dan fase diestrus. Fase estrus umumnya berlangsung selama 5-7 hari. Ciri-ciri kuda birahi yaitu kuda posisi berdiri kaki belakang mengangkang tanda siap dinaiki pejantan, mengangkat ekor, winking atau mengedip-ngedipkan clitoris, dan kencaing bila didekatkan ke pejantan.

Adakalanya kuda tidak menunjukkan ciri-ciri birahi meskipun dia berada dalam fase birahi. Hal ini dinamakn silent heat. Kondisi ini dapat diketahui dengan cara scan kuda dengan USG. Pada pemeriksaan ultrasonografi, gambaran uterus menunjukkan adanya gambaran edema cairan yang khas seperti ptongan buah tomat.

Pada fase diestrus atau kondisi sudah kelewat masa birahinya. Biasanya berlangsung selama 14-15 hari. Pada fase ini yang dominan adalah Corpus Luteum (CL). CL berasal dari folikel atau telus yang sudah ovulasi atau pecah.  

Komentar

Unknown mengatakan…
This way my friend Wesley Virgin's tale launches in this shocking and controversial VIDEO.

As a matter of fact, Wesley was in the military-and soon after leaving-he unveiled hidden, "self mind control" secrets that the government and others used to get anything they want.

As it turns out, these are the EXACT same tactics tons of celebrities (especially those who "come out of nowhere") and the greatest business people used to become rich and famous.

You probably know that you use only 10% of your brain.

Mostly, that's because most of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

Perhaps that thought has even taken place INSIDE your very own mind... as it did in my good friend Wesley Virgin's mind seven years back, while riding an unregistered, trash bucket of a car with a suspended driver's license and with $3 in his pocket.

"I'm very fed up with going through life check to check! When will I finally succeed?"

You've been a part of those those questions, ain't it right?

Your own success story is waiting to start. You need to start believing in YOURSELF.

Watch Wesley Virgin's Video Now!

Postingan populer dari blog ini

Pericarditis Traumatica pada Sapi

Distensi vena jugularis dan udema regio dada Pericarditis merupakan peradangan pericardium disertai dengan akumulasi produk radang berupa serosa atau fibrinosa. Pericarditis pada sapi umumnya diakibatkan oleh adanya benda asing pada retikulum kemudian menembus dinding retikulum, diafragma dan kantong pericardium. Gejala utama pericarditis adalah tachycardia, suara jantung meredup dan tidak sinkron, distensi vena jugularis dan submandibularis, udema pada dada dan ventral abdomen. Tes glutaraldehyde merupakan alat diagnosis penting karena menunjukkan positif pada >90% sapi penderita pericarditis. Temuan tes laboratorium yaitu leukocytosis dan hyperfibrinogenaemia (menunjukkan peradangan), peningkatan aktivitas enzim hati (kongesti pada hati). 

HERNIA ABDOMINALIS PADA KUCING

Gambar 1. Hernia abdominalis kucing dan luka post-operasi.   Tujuan studi ini adalah memaparkan kasus bedah pada hewan kecil. Seekor kucing domestik dengan anamnesa terdapat luka dan penonjolan pada abdomen ventral mesogastrikus, dengan bobot badan 2,5 kg, suhu tubuh 38,8ÂșC, frekuensi nafas 32x/menit, frekuensi nadi 96x/menit. Hasil pemeriksaan klinis menunjukkan bahwa penonjolan abdomen bagian ventral mesogastrikus terdapat cincin hernia. Pemeriksaan lanjutan berupa pemeriksaan hematologi, dan berdasarkan pemeriksaan klinis serta pemeriksaan hematologi kucing ini didiagnosa menderita hernia abdominalis dengan prognosa fausta. Terapi yang diberikan untuk kasus ini adalah teknik bedah dengan laparotomi medianus, dan setelah dilakukan penyayatan di abdomen, diperoleh cincin hernia berukuran kurang lebih 1,5 cm. Penutupan cincin hernia dengan teknik operasi laparotomi merupakan cara yang tepat untuk menangani kasus ini karena dapat dimungkinkan cincin hernia semakin membesar. Kata

TEKNIK DAN PRINSIP RADIOGRAFI THORAK PADA HEWAN KECIL

Pendahuluan Sejak ditemukan pada tahun 1895,  sinar X telah diaplikasikan untuk kepentingan gambaran hewan kecil. Peralatan sinar X yang digunakan untuk pemeriksaan hewan kecil perlu tingkatan resolusi yang lebih tinggi. Radiografi thorak merupakan peralatan penting dalam pemeriksaan penyakit thorak maupun sistemik. Radiografi umumnya mudah, namun teknik yang teliti sangat diperlukan untuk menjamin perolehan kualitas film yang tinggi dan menghindari kesalahan diagnosa. Daerah thorak merupakan bagian yang sangat sulit untuk diinterpretasikan. Indikasi Indikasi radiografi thorak yaitu pemeriksaan penyakit intratorak dan pemeriksaan dan screening penyakit sistemik. Radiografi thorak digunakan untuk mengidentifikasi keberadaan penyakit, lokasi penyakit, tipe lesio dan tingkat lesio, memberikan rincian diagnosa dan diferensiasinya dan mendokumentasikan perkembangan lesio.