Langsung ke konten utama

INFECTIOUS TRACHEOBRONCHITIS/ KENNEL COUGH



Infectious tracheobronchitis (ITB) merupakan peradangan saluran pernapasan atas.  Penyakit ini tergolong ringan, tetapi bila diabaikan dapat menjadi fatal seperti bronchopneumonia pada anak anjing maupun bronchitis kronis pada anjing dewasa.  Penyakit ini dapat menyebar dengan cepat pada hewan yang rentang dalam suatu populasi tertutup seperti pet shop, fasilitas penelitian, rumah sakit hewan atau kennel (Aiello 1998).


Etiologi
Agen yang menyebabkan penyakit ini dapat berasal dari virus atau bakteri. Agen utama penyebab ITB adalah canine parainfluenza virus (CPIV), canine adenovirus tipe 2 (CAV-2), dan Bordetella bronchiseptica.  Agen skundernya adalah canine herpesvirus, mammalian reoviruses, CAV tipe 1 (CAV-1), Streptococcus sp., Pasteurella sp., Pseudomonas  sp.,coliforms dan Mycoplasma.  
Agen skunder baru yang dilaporkan dapat memperparah ITB adalah Streptococcus equi subsp. zooepidemicus dan Mycoplasma cynos.  Akhir-akhir ini, beberapa virus dilaporkan sebagai patogen baru pada saluran penapasan anjing yaitu grup 1 canine coronavirus (CCoV) disebut “pantropic CCoV” di Itali,  grup 2 canine respiratory coronavirus (CRCoV) di Inggris dan canine influenzavirus berkerabat dekat dengan equine influenza A virus subtipe H3N8 di US (Mochizuki et al. 2008).  Faktor lain yang dapat mempengaruhi penyakit ini adalah stres, ventilasi, temperatur dan kelembaban lingkungan (Aiello 1998).


Gejala klinis
Tanda klinis yang paling mencolok adalah batuk berat, kering dan keras, mungkin disertai muntah dan gagging. Batuk dapat dipicu dengan palpasi lembut pada daerah larynx atau trachea. Temperatur tubuh dan angka sel darah putih umumnya normal. Keparahan dari penyakit ini ditandai dengan demam, discharge purulen pada hidung, depresi, dan kurang nafsu makan. Tingkat yang parah dari penyakit ini mengindikasikan sudah terjadi infeksi sistemik seperti distemper atau bronchopneuomonia. Stres, lingkungan yang buruk dan nutrisi kurang dapat memperpanjang proses penyembuhan (Aiello 1998).


Diagnosa
Tracheobronchitis dapat dicurigai ketika batuk muncul pada 5-10 hari setelah terpapar atau kontak dengan anjing yang sudah terinfeksi. Batuk yang parah biasanya tidak terlihat pada 5 hari pertama, tetapi penyakit ini dapat berlangsung selama 10-20 hari (Aiello 1998).


Treatment
Anjing yang terinfeksi sebaiknya tidak dimasukkan rumah sakit atau tetap dikumpulkan dengan anjing-anjing lain karena penyakit ini sangat menular. Praktik manajemen yang baik meliputi nutrisi, kebersihan, cara perawatan, dan memperbaiki faktor predisposisi lain akan mempercepat proses penyembuhan.  Obat batuk yang dapat diberikan berupa supresan batuk derivat codein seperti hydrocodone (0.25 mg/kg, PO) atau butorphanol (0.05-0.1 mg/kg, PO atau SC).  Antibiotik biasanya diberikan apabila sudah kronis, dapat menggunakan cephalosporins, quinolones, chloramphenicol, dan tetracycline.  Antibiotik-antibiotik tersebut dipilih karena konsentrasi efektif pada mukosa tracheobronchial.  Antibiotik (seperti kanamisin sulfat atau gentamisin sulfat) juga dapat digunakan secara aerosol (Aiello 1998).


Referensi
Aiello SE.  1998.  The Merck Veterinary Manual. USA: Merck & Co. Inc.
Mochizuki M, Yachi A, Ohshima T, Ohuchi A dan Ishida T.  2008.  Etiologic study of upper respiratory infections of household dogs.  J. Vet. Med. Sci. 70(6): 563–569.

Komentar

Anonim mengatakan…
Kunjungan perdana nih :)
Nice post, sangat bermanfaat ^^
Anonim mengatakan…
After getting more than 10000 visitors/day to my website I thought your infohewan.blogspot.com website also need unstoppable flow of traffic...

Use this BRAND NEW software and get all the traffic for your website you will ever need ...

= = > > http://get-massive-autopilot-traffic.com

In testing phase it generated 867,981 visitors and $540,340.

Then another $86,299.13 in 90 days to be exact. That's $958.88 a
day!!

And all it took was 10 minutes to set up and run.

But how does it work??

You just configure the system, click the mouse button a few
times, activate the software, copy and paste a few links and
you're done!!

Click the link BELOW as you're about to witness a software that
could be a MAJOR turning point to your success.

= = > > http://get-massive-autopilot-traffic.com
Unknown mengatakan…
Do you realize there is a 12 word phrase you can tell your partner... that will trigger deep emotions of love and instinctual attraction to you deep within his chest?

That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that fuels a man's impulse to love, adore and protect you with his entire heart...

=====> 12 Words That Trigger A Man's Desire Response

This impulse is so hardwired into a man's mind that it will make him try harder than ever before to make your relationship as strong as it can be.

Matter of fact, fueling this all-powerful impulse is so binding to having the best possible relationship with your man that the moment you send your man a "Secret Signal"...

...You will instantly find him open his mind and heart for you in a way he's never expressed before and he'll perceive you as the one and only woman in the galaxy who has ever truly appealed to him.

Postingan populer dari blog ini

Pericarditis Traumatica pada Sapi

Distensi vena jugularis dan udema regio dada Pericarditis merupakan peradangan pericardium disertai dengan akumulasi produk radang berupa serosa atau fibrinosa. Pericarditis pada sapi umumnya diakibatkan oleh adanya benda asing pada retikulum kemudian menembus dinding retikulum, diafragma dan kantong pericardium. Gejala utama pericarditis adalah tachycardia, suara jantung meredup dan tidak sinkron, distensi vena jugularis dan submandibularis, udema pada dada dan ventral abdomen. Tes glutaraldehyde merupakan alat diagnosis penting karena menunjukkan positif pada >90% sapi penderita pericarditis. Temuan tes laboratorium yaitu leukocytosis dan hyperfibrinogenaemia (menunjukkan peradangan), peningkatan aktivitas enzim hati (kongesti pada hati). 

HERNIA ABDOMINALIS PADA KUCING

Gambar 1. Hernia abdominalis kucing dan luka post-operasi.   Tujuan studi ini adalah memaparkan kasus bedah pada hewan kecil. Seekor kucing domestik dengan anamnesa terdapat luka dan penonjolan pada abdomen ventral mesogastrikus, dengan bobot badan 2,5 kg, suhu tubuh 38,8ÂșC, frekuensi nafas 32x/menit, frekuensi nadi 96x/menit. Hasil pemeriksaan klinis menunjukkan bahwa penonjolan abdomen bagian ventral mesogastrikus terdapat cincin hernia. Pemeriksaan lanjutan berupa pemeriksaan hematologi, dan berdasarkan pemeriksaan klinis serta pemeriksaan hematologi kucing ini didiagnosa menderita hernia abdominalis dengan prognosa fausta. Terapi yang diberikan untuk kasus ini adalah teknik bedah dengan laparotomi medianus, dan setelah dilakukan penyayatan di abdomen, diperoleh cincin hernia berukuran kurang lebih 1,5 cm. Penutupan cincin hernia dengan teknik operasi laparotomi merupakan cara yang tepat untuk menangani kasus ini karena dapat dimungkinkan cincin hernia semakin membesar. Kata

TEKNIK DAN PRINSIP RADIOGRAFI THORAK PADA HEWAN KECIL

Pendahuluan Sejak ditemukan pada tahun 1895,  sinar X telah diaplikasikan untuk kepentingan gambaran hewan kecil. Peralatan sinar X yang digunakan untuk pemeriksaan hewan kecil perlu tingkatan resolusi yang lebih tinggi. Radiografi thorak merupakan peralatan penting dalam pemeriksaan penyakit thorak maupun sistemik. Radiografi umumnya mudah, namun teknik yang teliti sangat diperlukan untuk menjamin perolehan kualitas film yang tinggi dan menghindari kesalahan diagnosa. Daerah thorak merupakan bagian yang sangat sulit untuk diinterpretasikan. Indikasi Indikasi radiografi thorak yaitu pemeriksaan penyakit intratorak dan pemeriksaan dan screening penyakit sistemik. Radiografi thorak digunakan untuk mengidentifikasi keberadaan penyakit, lokasi penyakit, tipe lesio dan tingkat lesio, memberikan rincian diagnosa dan diferensiasinya dan mendokumentasikan perkembangan lesio.